Kemendikbud Luncurkan Logo Kampus Merdeka Indonesia Jaya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis logo Kampus Merdeka secara daring, Senin (14/9/2020). Kebijakan Kampus Merdeka yang dikeluarkan Menteri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada awal tahun 2020 diharapkan dapat mempercepat inovasi di bidang pendidikan tinggi.

melalui zoom meeting Direktoral Jenderal Perguruan Tinggi meresmikan logo Kampus Merdeka. Acara peresmian ini diawali sambutan dari Sekretaris Dirjen Dikti yang diwakili oleh Doddy Zulkifli selaku Subkoordinator Humas Dikti, “Dari cita-cita membuat Indonesia Jaya melalui peran perguruan tinggi, Kami berusaha mengejawantahkan hal tersebut ke dalam sebuah logo Kampus Merdeka Indonesia Jaya. Tiga pesan kunci yang ada dalam logo tersebut antara lain adalah semangat gotong-royong, semangat belajar yang kreatif dan inovatif, semangat menghasilkan generasi emas untuk Indonesia di masa depan” ujar Doddy.

Berdasarkan surat keputusan Nomor : 851/E.E1/TU/2020 tanggal 03 September 2020 , Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia telah menetapkan Logo Program Kampus Merdeka Indonesia Jaya, Senin (14/9) melalui aplikasi zoom metting pada pukul 10.00 WIB. Logo ini dimaksudkan untuk mendorong gelora semangat implementasi kebijakan Kampus Merdeka di seluruh Indonesia serta untuk menumbuhkan semangat gotong royong dari seluruh institusi Pendidikan.

Penetapan Logo Program Kampus Merdeka Indonesia Jaya tersebut juga bertujuan untuk memberikan identitas pada setiap kegiatan diseminasi informasi, promosi dan kampanye program Kampus Merdeka sekaligus untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap Program Kampus Merdeka.

“Pada akhir acara nanti, kami juga meminta bantuan kepada para pimpinan perguruan tinggi untuk mengajak seluruh mahasiswa melakukan posting perdana logo Kampus Merdeka Indonesia Jaya pada kanal media sosial, baik yang dimiliki institusi masing-masing dan juga mahasiswa secara serentak dengan menyertakan hashtag #KampusMerdekaIndonesiaJaya”. Tutupnya

Lebih lanjut Prof. Nizam selaku Dirjen Dikti dalam arahannya menyampaikan mengenai visi-misi dan harapannya dengan adanya kebijakan kampus merdeka ini, “Visi misi kampus merdeka selaras dengan visi Ki Hadjar Dewantara 100th yang lalu, yaitu menciptakan insan yang merdeka dengan 3 karakteristik, yaitu: Mandiri/ Berdikari, Tidak bergantung kepada orang lain, dan Mampu merancang hari esoknya sendiri. Kami berharap Kampus Merdeka tidak hanya sebagai “logo” saja tetapi kita semua bisa sama-sama meyakini untuk mewujudkan kebijakan kampus merdeka ini”. Ungkap Prof. Nizam

Dalam peluncuran dan peresmian Logo Program Kampus Merdeka belajar yang diikuti oleh seluruh pimpinan perguruan tinggi negeri, Kepala LLDikti Wilayah I-XV, Kepala Humas PTN/LLDikti di lingkungan direktorat jenderal Pendidikan tinggi, Direktur Jenderal Kemdikbud, Prof Nizam menghimbau seluruh civitas akademika di seluruh Perguruan Tinggi untuk mencantumkan logo Kampus Merdeka Indonesia Jaya pada setiap konten desiminasi informasi, publikasi, promosi dan kampanya program-program di perguruan tinggi masing-masing.